Wisata Belanja di Cimahi

Wisata Belanja Di Kawasan Pemkot Cimahi


Seolah tidak mau kalah oleh kawasan Brigrif, geliat pagi di hari minggu juga terlihat di kawasan Pemkot Cimahi. Orang-orang yang berolahraga, cuma cuci mata, jalan-jalan atau sengaja hendak berbelanja berdatangan memenuhi kawasan ini.Di sebelah barat kawasan Pemkot Cimahi, nampak para pedagang siap menyambut para pembeli dengan menggelar dagangannya sejak subuh.
Suasana ini hampir sama dengan suasana di Brigif, namun sepertinya Brigif sedikit lebih ramai.

Samudra Departemen Store

Pusat belanja ini berada di belahan barat wilayah kota Cimahi, dulunya gedung ini adalah gedung bioskop sineplek yang bernama Cimahi 21.
Terletak di jln Amir Machmud bagian barat atau berada didaerah sekitar Padasuka.

Venus


Satu lagi pusat belanja di kota Cimahi yang berada di jalan Gandawijaya yaitu Venus Departemen Store.
Mulai beroperasi tahun 2008 ini, Venus pun siap bertarung dengan para pesaingnya yang lebih besar di sekitaran jalan Gandawijaya seperti Cimahi Mall (Hi Mall) dan Buana Departemen Store.

Pasar Recok


Pasar recok mungkin bagi sebagian warga Bandung dan Cimahi tidak begitu akrab, namun bagi warga sekitar Cijerah, nama itu pastinya tak asing lagi. Pasalnya pasar tradisional ini berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk.
Pasar yang terletak di Kecamatan Cimahi Selatan , Kota Cimahi ini juga dikenal menjual beberapa komoditas dengan harga lebih murah dibandingkan dengan pasar tradisional lainya.
Uniknya para pedagang para pedagangnya berjualan di 3 tempat sekaligus yaitu jam 06.00 berjualan di jln Gempol atau tepatnya berada di depan pabrik Kahatex, kemudian jam 08.00 pindah ke jln sukamaju dan pada jam 10.00 mereka berjualan di PLN. Jarak antar tempat tersebut memang tidak terlalu jauh, cuma 1 km saja.
Dalam berjualanpun mereka menggunakan sarana yang berbeda-beda, ada yang menggunakan gerobak, ada yang hanya ngampar/menggelar plastik terpal dan adapula yang menggunakan sepeda motor.
Pedagangnya didominasi warga di luar Cijerah, seperti Cianjur, Cipatat dan daerah lainnya, dengan jumlah pedagang mencapai 70 orang.
Mereka dipungut biaya Rp.500 untuk biaya keamanan dan kebersihan oleh para pengurus yang notabene adalah karang taruna dari warga setempat.
Hampir setiap hari para pedagang pasar recok menggelar daganganya, kecuali pada hari minggu jumlah pedagang jauh berkurang karena mereka lebih tertarik untuk berjualan di tempat-tempat seperti Brigif, Gasibu dan Zipur yang selalu ramai setiap hari minggu.

Yogya Plaza Cimahi



Bisnis ritel di Kota Cimahi kini semakin ramai dengan hadirnya pusat perbelanjaan baru yaitu Yogya Plaza.
Terletak di jalan Amir Machmud dekat rumah sakit umum Cibabat pusat perbelanjaan ini sudah beroperasi pada minggu ke dua bulan september 2008.
Kehadiran Yogya Plaza tentu saja menjadi pesaing baru bagi pusat-pusat perbelanjaan lain yang sudah ada sebelumnya di Kota Cimahi.
Pengelola Yogya Plaza cukup jeli dengan mengambil momen bulan Ramadhan dalam memulai operasionalnya, ini terlihat dengan ramainya pengunjung di awal bukanya Yogya Plaza.
Namun efek dari keberadaan Yogya Plaza adalah munculnya titik baru kemacetan di Kota Cimahi.

Pasar Antri Baru Cimahi





Pasar Antri Baru adalah sebuah pasar tradisional yang berada di kota Cimahi.
Letaknya berada dikawasan yang dulu bernama lapangan Sriwijaya.
Pasar berlantai dua ini mempunyai struktur bangunan yang cukup bagus.
Lantai satu banyak digunakan oleh para pedagang makanan dan sembako, sementara lantai dua banyak digunakan oleh para pedagang pakaian. Beberapa toko mas juga ada dilantai dua ini.
Namun tidak semua kios dipasar ini terjual, ini bisa dilihat dari banyaknya kios yang kosong, terutama dilantai dua sebelah barat.
Puncak keramaian dipasar ini biasanya pada pagi hari, karena kebanyakan para pelanggannya adalah orang yang membuka warung dan membeli barang daganganya ditempat ini.

Wisata Belanja di Lapangan Brigif Cimahi








Memasuki kawasan militer di Cimahi ini, anda akan disambut oleh hawa sejuk dan pemandangan yang indah, taman-taman yang tertata rapi dan bersih, hal inilah yang menarik warga untuk melakukan berbagai macam olahraga di tempat ini, terutama pada hari minggu pagi.
Banyaknya warga yang melakukan aktivitas olahraga disini, tentu saja menarik perhatian para pedagang yang menangkap peluang ini.
Maka seiring dengan waktu jumlah pedagangpun semakin banyak, hal ini tentu menjadi perhatian pihak Brigif untuk mengatur dan memberlakukan biaya restribusi kepada para pedagang rata-rata Rp.2000 untuk biaya pemeliharaan dan pengelolaan sekitar lapangan Brigif.
Semakin banyaknya pedagang juga semakin menarik warga yang tidak berniat olahraga tetapi datang ke Brigif memang
Sengaja untuk berbelanja atau ada yang hanya sekedar jalan-jalan dan cuci mata saja.
Lama kelamaan tempat olahraga ini akhirnya berubah menjadi sebuah tempat wisata belanja setiap hari minggu pagi, orang mulai ramai sekitar jam 05.30 sampai sekitar jam 10.00, sedangkan para pedagang sudah banyak yang datang sebelum subuh.
Jalan aspal yang mengelilingi lapangan Brigif semuanya sudah dipenuhi oleh para pedagang, hampir tidak ada sela antara gelaran pedagang yang satu dengan yang lainnya, bahkan jalan itu di bagi dalam tiga lajur, belum lagi para pedagang yang berada diluar areal lapangan Brigif.
Barang dagangan yang dipajang dan ditawarkan bermacam-macam dari jajanan anak kecil ,pakaian, kelontong, aksesoris, mainan anak, konten hp sampai motor ada disini, bisa dibayangkan berapa banyak perputaran uang ditempat ini setiap minggunya.
Dari gambaran diatas, keberadaan lapangan Brigif sebagai tempat wisata belanja mingguan telah banyak menguntungkan banyak pihak.
Para pedagang diuntungkan karena diberi tempat untuk berdagang, Brigif diuntungkan dari biaya restribusi pedagang dan perparkiran, sedangkan warga diuntungkan karena dapat berolahraga, sekedar jalan-jalan atau berbelanja ditempat ini dengan berbagai macam pilihan,baik berupa barang ataupun berupa makanan.

Buana Supermarket


Buana Supermarket adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak dijalan Gandawijaya CImahi, pusat perbelanjaan ini sudah cukup lama berdiri, sampai sekarang masih tetap eksis ditengah persaingan yang semakin ketat, saingan seangkatanya seperti Mawar supermarket dan Daimaru telah rontok beberapa tahun yang lalu.
Kesiapan Buana Supermarket untuk bersaing terlihat ketika Pemilik Buana memperbaiki bentuk fisik bangunanya seiring dengan pengoperasian jalan Gandawijaya sebagai jalan utama yang di lalui berbagai kendaraan serta menjelang di bukanya pusat perbelanjaan besar Cimahi Mall.
Mampukah Buana mempertahankan eksistensinya ditengah persaingan yang ketat dan daya beli masyarakat yang makin menurun akibat kenaikan harga BBM.

Cimahi Mall



Cimahi Mall adalah salah satu pusat perbelanjaan terbaru yang ada di kota Cimahi. Kehadiranya menambah ramai persaingan usaha ritel di kota Cimahi. Walaupun sempat tertunda pembangunannya akhirnya pada tahun 2007 resmi di buka. Mall berlantai empat ini terletak di ujung jalan gandawijaya sebelah selatan, dengan tampilan bergaya modern Cimahi Mall berdiri megah. Namun sayang masih banyak stan-stan yang masih kosong di dalamnya, hal ini diperkirakan karena lambatnya pembangunan dan harga stan yang relatif mahal.

Ramayana Cimahi

Pusat-pusat perbelanjaan di kota Cimahi makin bertambah banyak dengan bermunculanya Supermarket, Minimarket dan Mall baru. Namun hal itu tak menggoyahkan Ramayana yang merupakan pemain lama dalam bisnis ritel di kota Cimahi.
Selain sudah mempunyai nama besar karena merupakan bagian dari Ramayana grup yang memang mempunyai jaringan luas yang tersebar di kota-kota lain di Indonesia, Ramayana Cimahi juga letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota.
Bangunan yang dulunya adalah sebuah bioskop terkenal yang bernama Cimahi Mekar ini masih banyak di minati oleh para konsumennya, ini terbukti dengan masih banyaknya pengunjung yang datang terutama di setiap akhir pekan. Persaingan bisnis ritel di kota Cimahi ke depan nampaknya akan semakin seru karena kemungkinan akan ada pusat perbelanjaan baru di kota Cimahi yang akan menjadi tantangan bagi Ramayana Cimahi dan pusat perbelanjaan lainya untuk menjaga eksistensinya. 
 
sumber : cimahifri.blogspot.com
Label:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...