Milter di Cimahi (TNI AD)

PUSDIKHUB



 

Pusat Pendidikan Perhubungan (PUSDIKHUB) Kodiklat AD adalah sebuah instansi militer yang berada di Jl. Gatot Subroto Kota Cimahi, Jawa Barat, sesuai dengan namanya pusat pendidikan ini menjadi pusat pelatihan pendidikan dalam bidang hubungan komunikasi militer.



PUSDIKBEKANG



 
Pusat Pendidikan Pembekalan dan Angkutan atau PUSDIKBEKANG, Terletak di Jl. Gatot Subroto Kota Cimahi.
Seperti Pusdik-pusdik lainya di Cimahi, Pusdikbekang pun nampak tampil dengan wajah baru, bahkan kini nampak replika pesawat, atau memang sungguhan dengan gagah bercokol di muka Komplek Militer tersebut.



PUSDIK ARMED


 
Pusat pendidikan Artileri Medan (PUSDIK ARMED) berada di jln.baros, tepat berhadapan dengan akses keluar tol Baros atau pembuangan tol Baros.
Pusat pendidikan ini mengedepankan kepiawaian para siswa untuk lebih mengenal medan pertempuran yang dikolerasikan dengan penggunaan senjata-senjata artileri sebagai barisan pendukung para infanteri yang ada di barisan depan.

PUSDIKJAS



 


Pusat Pendidikan Jasmani (PUSDIKJAS) adalah salah satu pusat pendidikan militer yang ada di Kota Cimahi, berada di jln. Pasir Kumeli, namun akhir-akhir ini ada rumor yang beredar bahwa PUSDIKJAS akan dipindahkan ke jalan HMS Mintareja didaerah pembuangan tol baros.
Tapi rumor itu bisa jadi kenyataan ketika melihat bangunan gapura bertuliskan PUSDIKJAS dan
Gedung yang sedang dibangun, tepat di samping gapura PUSDIKPOM yang juga terletak di jln HMS MINTAREJA.
Isu kepindahan ini dikaìtkan dengan akan dijadikannya komplek PUSDIKJAS yang sekarang ini akan dijadikan gedung KONI CIMAHI.
Sesuai dengan namanya Pusat pendidikan ini kerap dijadikan penggojlokan fisik siswa-siswa militer baik siswa calon tamtama (Catam), calon bintara (Caba) dan calon perwira (Capa).

PUSDIKPOM





 

Pusat pendidikan Polisi Militer (PUSDIKPOM) berada di Jl.H.M.S Mintareja tak jauh dari gerbang tol


Baros yang merupakan gerbang utama keluar masuk kota Cimahi, Instansi milter ini mempunyai tugas menggembleng para calon Tamtama, Bintara dan Perwira untuk mengatasi para anggota militer yang nakal atau bermasalah, inilah kawah candradimukanya para calon Polisi Militer (CPM). Seperti pusat pendidikan militer lainya, Kompleks pusdikpom juga ditunjang dengan berbagai sarana olahraga, diantaranya lapangan sepakbola dan tenis. Bahkan lapangan sepakbola PUSDIKPOM sering digunakan untuk latihan dan pertandingan hukuman kesebelasan Persib Bandung.


PUSDIKPAL






 
Kota Cimahi memang sangat terkenal dengan julukan kota hijau karena banyaknya instansi militer yang berada di kota ini. Salah satunya adalah Pusat Pendidikan Peralatan (PUSDIKPAL), Pusat pendidikan militer ini berada di jl.Poncol Selatan. Untuk mencapai tempat ini dengan mudah dapat melalui jl.Gatot Subroto kemudian belok ke jl.Pasir Kumeli.
Sesuai dengan namanya pusat pendidikan ini lebih fokus mengajarkan tentang peralatan militer kepada Calon Tamtama (CATAM), Calon Bintara (CABA), dan Calon Perwira (CAPA). Setiap ada pendidikan, instansi militer ini nampak ramai, tentu saja karena siswa-siswa dari berbagai daerah di Indonesia kumpul disini.
Fenomena yang menarik dari pusat-pusat pendidikan militer di Cimahi termasuk PUSDIKPAL adalah kegiatan pembangunan gedung dan penataan taman hingga terlihat indah dan rapi, menghilangkan kesan seram tanpa mengurangi kewibawaan instansi militer tersebut. Ikon dari PUSDIKPAL adalah bangunan menara yang puncaknya berbentuk granat. 
sumber : cimahifri.blogspot.com
Label:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...