CIC ( Ciwangun Indah Camp ) di Bandung Utara


Berwisata bersama keluarga atau orang yang terdekat dengan kita memang merupakan hal yang menyenangkan. Terutama jika tempat yang dikunjungi tersebut terletak di daerah pegunungan yang udaranya sejuk dengan pemandangan yang indah. 
Jika Anda menginginkan hal di atas Ciwangun Indah Camp (CIC) adalah suatu tempat yang layak untuk dikunjungi. Sebab sebagai satu di antara objek wisata yang terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu ini, selain menyajikan permainan yang berbau pendidikan, alam yang masih asri pun menjadi nilai lebih untuk dinikmati para pengunjung.
CIC berdiri pada 5 September 2006 dan dibuka secara resmi tanggal 5 September 2007 bertepatan dengan ulang tahun CIC yang pertama. CIC yang tepatnya berlokasi di daerah Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung memiliki luas area sekitar 22 hektar.
 Di lokasi yang notabene sebagai tempat outbound terbesar di Jawa Barat ini menyajikan beberapa permainan seperti flying fox, v-brige, two line bridge, rock climbing, dan tradisional game.
Sarana pendukung pun sangat lengkap seperti camping area untuk pengunjung yang ingin camping, musolah, bungalow, saung istirahat, dan lahan parkir yang cukup luas. Bagi yang mau berkunjung ke CIC, lokasinya pun cukup mudah ditempuh.
Menurut manager CIC, Eka, tempat outbound ini disediakan untuk masyarakat yang ingin refreshing dan bermain sambil belajar. "Biasanya yang datang ke sini dari penduduk setempat, rombongan dari instansi pemerintah dan perguruan tinggi,” ujarnya.
Untuk objek wisata ada Air Terjun Curug Tilu. Dinamakan Curug Tilu karena ada tingkatan, tilu yang dari bahasa Sunda berarti tiga. Selain itu fasilitas lainnya ada camping ground, camping ground di sini ada beberapa blok. Blok besar dari A-G, ini biasanya digunakan untuk pendidikan dan pelatihan dari mahasiswa.
Juga ada konsep family camp yang berjumlah 25 blok. Selain itu ada fasilitas lainnya, seperti danau. Di daerah danau itu biasanya ada aktivitas air seperti perahu dan juga bisa digunakan untuk permainan paint ball.
Untuk fasilitas penginapan ada sembilan bungalow. Enam bungalow yang fasilitasnya lebih lengkap karena kamar mandi yang berada di dalam. Sedangkan tiga bungalow kamar mandinya berada di luar.
Selain itu, Eka menjelaskan, di CIC ada kebun strawberry di mana konsepnya pengunjung bisa memetik langsung strawberry dari pohonnya. Juga di dekat kebun strawberry itu ada kafe dengan menu tradisional Sunda dan olahan minuman dari strawberry.
Bagi pecinta binatang, di CIC juga menyediakan kebun binatang mini. Di situ ada musang, burung elang, monyet, ayam Polandia, landak, dan kasuari. Jika Anda hobi memancing, disediakan kolam ikan khusus untuk pemancingan karena kolam ikan yang ada dibuat tiga jenis.
Ada kolam ikan yang khusus untuk fun games, kolam ikan untuk dibudidayakan dan kolam ikan yang hanya bisa untuk dilihat saja. Untuk jalur di bawah ini, ada panggung terbuka sama beberapa gazebo yang kecil, saung pertemuan dan kantin. Eka mengatakan, untuk weekend biasanya ada wisata berkuda. Jika ingin berkuda dan mengelilingi area CIC, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 60.00/jam.

Di CIC ada beberapa permainan untuk menguji keberanian, ketangkasan, dan keterampilan serta pendidikan lainnya. Untuk uji nyali, pengunjung bisa mencoba flying fox. Di mana kita harus berani meluncur dari ketinggian sekitar 200 meter, dengan menggunakan tali yang memiliki kemiringan 80 derajat. Sedangkan untuk menguji keterampilan kita bisa mencoba rock climbing.
Untuk paket outbond di CIC ada yang untuk anak-anak dan dewasa. Untuk dewasa, harga yang disediakan sebesar Rp 120.000 dengan permainan: flying fox 1, two line bridge, v-bridge/elvis bridge, spider web, fun games, rock climbing, hiking/tracking, dan makan (1x).
Sedangkan untuk anak-anak  harga yang disediakan sebesar Rp 90.000 dengan permainan: flying fox 1, two line bridge, v-bridge/elvis bridge, spider web, fun games, rock climbing, hiking/tracking, dan makan (1x).
Untuk event, di CIC cukup banyak. Mulai dari paket untuk meeting, outbond, team building, family gathering. Ada juga paket untuk konsep mahasiswa pelatihan dan pendidikan dasar.

Fun games biasanya digunakan untuk pembentukan dalam perusahaan. Untuk fun games banyak jenisnya, tapi biasanya penyelenggara menanyakan dulu pada konsumen apa yang menjadi sasaran dari perusahaan tersebut datang ke CIC. Apakah nanti di situ ada leadership/team work, apa itu pembentukan karakter nanti akan disesuaikan dengan konsep itu dan dibikin olah rundown seperti apa acaranya nanti.

Jadi, di CIC ini kita bisa bilang kepada pihak acaranya dan mereka yang membuat konsepnya nanti seperti apa. Setelah semuanya beres, maka customer hanya datang dan tinggal menikmati permainan dan konsep yang telah dibuat oleh team building CIC. Anda berminat untuk membuat acara di CIC? 

Penulis: Fanda A Alle
Label:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...